Glitter Words

Kamis, 01 Januari 2009

Pemimpin Harus Tampil Sebagai Orang Tua

Seorang pemimpin masyarakat juga mempunyai tugas sebagai "orang tua" atau sebagai "guru".Dalam hal ini pemimpin tidak hanya pandai memerintah,tetapi juga memdidik dan memberikan contoh yang baik,masyarakat memerlukan tuntunan dimana pemimpin harus tampil mmberikan pelajaran kepada mereka. Fungsi pemimpin sebagai orang tua atau pendidik sebagai mana di contohkan Nabi Muhammad SAW dengan sabdanya "Innamaa ana lakummitsluwalidihi u`allimmukum " Hubunganku dengan engkau adalah seperti orang tua dengan anaknya dimana aku mengajarmu ( H.R.Ibnu Majah)
Fungsi sebagai pini sepuh adalah bersipat mengayomi,melindungi,memperingatkan dan menasehati kalau ada komflik yang terjadi diantara anggota masyarakat atau bawahan,pemimpin harus tampil sebagai orang tua menunjukan kedewasaan didalam membereskan mereka dengan adil dan bijaksana.
Pemimpin tidak boleh cepat-cepat memihak tetapi harus menyelidiki dulu siapa sebenarnya yang bersalah dan siapa yang benar.Kemudian memutuskan perkaranya dengan baik dan adil.
Fungsi sebagai "orang tua" dan pendidik kadang-kadang terlupakan oleh sebagian pemimpin,akibatnya bisa saja"menganak emaskan" sebagian masyarakat atau bawahannya dan "menganak tirikan" sebagai lainnya jika hal ini terjadi dapat menimbulkan krisis kepemimpinan (Fublisistik Islam)

1 komentar:

  1. memang seorang pemimpin mesti bijaksana walaupun harus berada di tengah-tengah kesengsaraan dalam arti kata arif dan bijaksa dalam menghadapi semua situasi itu lah perlunya seorang pemimpin yang baek. (Indra BALI)

    BalasHapus